Sunday, January 29, 2012

Cara Membuat Radio Streaming

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Cara Membuat Radio Streaming Murah di internet alangkah baiknya jika kita melihat kembali sejarah perkembangannya. Sejarah perkembangan radio dan internet, atas dasar teori sebuah perambatan pada gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam karya tulisnya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik. Itu merupakan garis besar sejarah radio. Jauh setelah itu, sejarah perkembangan internet di Indonesia dimulai pada tahun 1990-an. Saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai perkumpulan beberapa jaringan network sebagai alat komunikasi. Internet merupakan sebagai alat multi media yang sangat berguna dan berbagai macam fungsi. Melalui internet, kita dapat melihat tv, mendengar radio, blogging, chating, VoIP, berkomunikasi, dll. Perkembangan teknologi tersebut membuat manusia menjadi mudah dalam mengerjakan aktivitas dan hobinya. Contoh perkembangan ini adalah Radio Streaming. Apa itu Radio Streaming? Radio Streaming atau radio online merupakan teknik pengiriman gelombang elektromagnetik menjadi gelombang audio melalui jaringan internet yang dihantarkan pada komputer. Radio internet atau yang biasa juga dikenal sebagai web radio, net radio, radio streaming atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan via internet. Bagaimana Cara Membuat Radio Streaming Murah dan berkualitas? Selengkapnya, Silakan baca artikel ini hingga tuntas.



Meskipun televisi lebih unggul dari pada radio yang memiliki grafis, tetapi di Indonesia penggunaan dari para penikmat radio tidak surut. Hal ini bisa disebabkan karena mereka menyukai musik. Saat ini, penikmat musik bisa menikmati acara radio melalui Radio Streaming.

Banyak sekali station radio konvensiona yang beralih ke Radio Streaming, contohnya antara lain yaitu jogjastreamers.com dan kaskusradio. Situs-situs tersebut merupakan stasion radio yang ramai dikunjungi oleh para pendengar.

Radio Streaming Murah
Membuat Radio Streaming saat ini relatif mahal, pada umumnya harga pembuatan radio ini berkisar antara 3juta - 5juta per bulan hanya untuk 30 orang pendengar saja. Tetapi berbeda dengan kenyataan saat ini, ada sebuah situs yang menawarkan jasa pembuatan radio streaming dengan harga yang sangat murah. Kisaran harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 50.000,- per bulan untuk 100 pendengar. Ini merupakan harga yang jauh lebih murah dari penawaran harga yang lain. Jumlah pendengar sangat cukup, sehingga Anda tidak perlu kuatir kalau terjadi peningkatan jumlah pendengar. Komputer Andapun tidak terpengaruh dengan jumlah pendengar karena bandwidth diumpan ke server kami.

Cara kerja Radio Streaming
Berikut skema alur proses kerja radio streaming dari KlikHost.com.

membuat radio streaming
Output dari Sound Processor - Komputer - Shoutcast Server KlikHost.com (Gedung Cyber Jakarta) - Komputer pendengar.

Paket Harga KlikHost.com
Berikut paket yang bisa Anda pilih :

Paket SH-1
Jumlah maksimal pendengar : 100
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 50.000/bulan atau Rp. 500.000/tahun


Paket SH-2
Jumlah maksimal pendengar : 200
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Gratis biaya setup
Rp. 100.000/ bulan atau Rp. 1.000.000/tahun

Paket SH-3
Jumlah maksimal pendengar : 300
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Gratis biaya setup
Rp. 150.000/ bulan atau Rp. 1.500.000/tahun.


Bonus yang diberikan oleh Klikhost.

1. Dimasukkan kedalam directory radio online klikhost;
2. Setting untuk penggunaan blackberry streaming.

Yang perlu Anda sediakan adalah:

1. Komputer/PC/Laptop yang terkoneksi dengan akses internet (broadband);
2. Kabel dari sound processor ke input line in soundcard komputer.


Mengapa saya menyarankan Anda memilih KlikHost.com dalam pembuatan Radio Streaming?

1. Karena menggunakan server khusus untuk shoutcast yang berlokasi di gedung cyber Jakarta (IIX);
2. Mengelola sendiri server shoutcastnya;
3. Setup cepat. Lama setup kurang dari 20 menit setelah pembayaran selesai;
4. Updating Monitoring. Selalu dipantau secara berkala;
5. Harga dijamin paling murah;
6. Bantuan teknis 24 jam via email, YM, telepon, SMS (fast response).

Untuk menggunakan jasa Klikhost dalam urusan pembuatan radio streaming, silakan kunjungi alamat http://klikhost.com/radio-streaming/ agar bisa berkomunikasi langsung dengan customer service dan bertanya langsung mengenai cara membuat radio streaming online. Sungguh beruntung bagi Anda yang menggunakan Jasa KlikHost dan bergabung menggunakan jasa dan produknya sebagai pilihan.

Pada intinya, secara garis besar, cara membuat radio streaming itu tidak harus mengeluarkan uang yang begitu banyak, cukup dengan menggunakan jasa dari klikhost yang dijamin murah meriah dan profesional. Semua dana pengeluaran untuk membuat radio streaming murah pada klikhost lebih murah dibandingkan dengan jasa pembuatan radio streaming disitus lain. Kualitas dan kuantitasnya pun sungguh tak diragukan dalam hal ini.

No comments: